-->

Wednesday, January 16, 2013

Membedakan baterai blackberry D-X1 original [Storm,Javelin]


Ciri baterai Blackberry Storm Javelin D-X1 original

Apa saja ciri fisik yang RIM ciptakan untuk membedakan baterai Blackberry D-X1 original dengan yang palsu? Mari kita perhatikan gambar yang pernah anda lihat sebelumnya diTips membedakan baterai Blackberry original asli dan palsu :
ciri baterai blackberry storm original
Bisa kah anda membedakan mana baterai yang palsu dan mana yang original?
Biasanya kita akan memvonis bahwa baterai no. 4 adalah palsu, dan sisanya asli, karena memiliki sticker hologram yang meyakinkan. Namun tentu anda telah membaca Tips membedakan baterai Blackberry original asli dan palsu sebelumnya, dan anda telah mengerti bahwa kita jangan menilai keaslian baterai Blackberry dari kemasan dan hologram nya. Lalu apa saja ciri baterai Blackberry D-X1 original ? 

Serial number
Baterai Blackberry original yang asli memiliki serial number yang berbeda-beda di setiap buah baterai nya. Serial number terdiri dari batch/lot code produksi dan nomer serial produksi. Baterai asli akan diberi nomer secara berurut pada akhir proses produksi nya, sedangkan baterai palsu mencetak nya secara massal. Anda akan bisa melihat perbedaan nya. Mari kita balik ke empat baterai Blackberry D-X1 tersebut :
baterai blackberry d-X1 asli dan palsu
Sekilas tampak bahwa semua baterai memiliki serial number, namun hanya ada dua baterai yang memiliki serial number yang lengkap, batch code/lot dan serial number. Hanya ada 1 baterai yang original asli dari ke empat baterai tersebut. Berdasarkan pengamatan serial number, kita dapat mengeliminiasi baterai no. 2 dan 4. Untuk baterai sisanya, kita memerlukan metode pengamatan ciri selanjutnya.
baterai blackberry D-X1 original asli dan palsu
Baterai di sebelah kiri adalah baterai Blackberry D-X1 original yang asli. Pemeriksaan di lapangan memang tidak mudah. Kita tidak bisa dengan mudah membuka kemasan sebelum membeli, dan kemudian melihat membandingkan dua buah baterai untuk melihat apakah dua buah baterai memiliki serial number yang valid dan berbeda satu dengan yang lainnya. Namun jika anda berhadapan dengan penjual yang baik, tentunya mereka akan mengijinkan anda untuk melakukan hal tersebut.
Baterai Blackberry D-X1 original genuine serial number
Lot number bisa sama namun serial number akan berbeda di setiap baterai. Lot code adalah kode batch produksi dimana satu kelompok produksi baterai memiliki satu kelompok nomer batch namun tetap dengan nomer serial yang berbeda di setiap unit baterai nya.

Skin / kulit
CIri kedua untuk baterai Blackberry D-X1 adalah warna cetakan skin atau kulit pembungkus baterainya. Perhatikan warna hijau yang tertera pada kulit baterai. Baterai D-X1 original asli memiliki warna hijau yang lebih hijau, yang cenderung lebih gelap dari baterai yang palsu. 
warna baterai blackberry D-X1 original asli dan palsu
Memang agak sedikit sulit membedakan warna. Namun biasanya hal ini akan tampak jelas pada kulit bagian belakang. Perhatikan gambar berikut :
warna baterai blackberry D-X1
Sekarang terlihat lebih jelas bahwa baterai yang diatas memiliki warna hijau yang lebih tua dan kaya daripada baterai di bawahnya. Warna dan kualitas cetakan pada skin pun akan menunjukkan kepada anda mana baterai yang asli dan mana yang palsu. Baterai Blackberry asli akan memiliki cetakan dengan warna yang stabil pada setiap baterai nya dengan tingkat detil dan akurasi yang tinggi.

Desain khusus
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap baterai Blackberry akan memiliki desain khusus untuk setiap jenis nya. Untuk baterai Blackberry D-X1 ini, baterai original memiliki titik halus di kedua sisinya, dan titik lubang di atas pin konektor baterai.
baterai blackberry D-X1 original titik di samping
Perhatikan pada gambar diatas. Dari empat buah baterai terdapat dua buah baterai yang memiliki titik halus di sampingnya. Mana yang benar-benar asli? Mari kita perhatikan kembali lebih detil.
baterai blackberry storm original asli dan palsu titik samping
Baterai Blackberry original yang asli akan memiliki akurasi yang tinggi dalam produksinya. Hal ini selain untuk kualitas terbaik bagi konsumen, juga untuk mempersulit pemalsuan. Dari gambar diatas, titik yang lebih kecil namun tetap halus adalah baterai original yang asli. Tidak mudah memproduksi titik sekecil itu namun tetap dengan tingkat akurasi yang rapih. Hanya mesin produksi yang asli yang dapat membuatnya.

Detail built quality
Baterai blackberry D-X1 original asli akan memiliki detil kualitas produksi yang lebih baik dari pada baterai palsu. Memang sekilas akan tampak sama, namun ketika anda mencoba memperhatikan lebih detil akan terlihat perbedaan nya. Perhatikan perbedaan kualitas produksi antara kedua baterai dibawah ini :
tanda baterai blackberry D-X1 asli dan palsu
Perhatikan tanda logo R pada tulisan Blackberry di kedua baterai diatas. Sekilas keduanya memang mirip. Pada baterai no. 1 logo R tersebut hanya tampak seperti sebuah titik, dan pada baterai no. 2 sudah terbaca huruf R. Namun ketika kita lihat lebih seksama dalam skala zoom lebih dalam, terlihat jelas kualitas produksi cetakan yang berbeda dari kedua baterai.
Baterai No. 1 adalah baterai Blackberry D-X1 original asli. Hanya mesin dengan teknologi  terbaik yang bisa memproduksi kualitas cetakan seakurat itu. Dalam skala yang teramat kecil, huruf R dalam logo masih tampak jelas dan terang. Berbeda dengan baterai palsu,  tampak jelas dalam skala zoom, logo dan tulisan telihat buram/blur.


Well guys, semoga anda lebih teliti untuk membeli baterai blackberry kesayangan anda, salam hangat.
Koko ardrianto
Sumber: Google.com , battrebb.com

Post a Comment